Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023 / 2024
daftar peserta didik baru atau edit data peserta didik


Pendaftaran PPDB di buka pada tanggal


07 FEBRUARY 2023 s/d 14 FEBRUARY 2023


TAHAPAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MIN 2 KOTA MALANG
TAHUN PELAJARAN 2023/2024


A. Syarat Pendaftaran

Syarat pendaftaran penerimaan peserta didik baru MIN 2 Kota Malang tahun pelajaran 2023/2024 adalah :

1. Usia calon peserta didik minimal 6 tahun 0 bulan, terhitung tanggal 1 Juli 2023.
2. Calon peserta didik yang berusia kurang dari 6 tahun dapat mendaftar dengan melampirkan Surat Rekomendasi Kesiapan Belajar oleh Kepala TK/BA/TA/RA masing-masing atau Psikolog (Tenaga Ahli).
3. Sedang menempuh pendidikan TK/BA/TA/RA-B (Persiapan) dengan melampirkan surat keterangan dari TK/BA/TA/RA.
4. Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap di website MIN 2 Kota Malang, dengan alamat: www.min2kotamalang.sch.id
5. Mengupload semua berkas di tempat yang sudah disediakan.
6. Berkas yang di upload di website pendaftaran hasil scan (Format jpg/jpeg)
- Formulir yang telah diisi lengkap
- Akte Kelahiran asli
- Kartu NISN (bagi yang memiliki)
- Foto terbaru, berwarna, dan tidak harus berseragam ukuran 3 x 4 (100 s.d 300 kb)
- Piagam prestasi/kejuaraan individu yang memiliki selama di TK/BA/TA/RA minimal tingkat kota ( Untuk Jalur Unggulan )
- Surat keterangan / piagam hafal Al-qur’an minimal 1 juz ( Untuk Jalur Unggulan )

B. Proses Pendaftaran

Pendaftaran dibuka dengan menggunakan 3 jalur, yaitu :

a. Jalur Unggulan
a) Tahfidz (minimal 1 juz)
b) Prestasi (minimal tingkat Jawa Timur) yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan
b. Jalur Reguler
c. Jalur Afirmasi
Pendaftaran dilakukan secara online di www.min2kotamalang.sch.id pada hari Selasa – Selasa, 7 Februari – 14 Februari 2023, dengan langkah sebagai berikut :
1. Buka website https://www.min2kotamalang.sch.id/ atau cukup dengan mengetik min2kotamalang.sch.id di android, laptop atau komputer.
2. Klik / Pilih menu PPDB ONLINE -> PENDAFTARAN
3. Klik / Pilih tombol daftar baru
4. Isi formulir pendaftaran dibubuhi tanda tangan elektronik
5. Upload hasil scan berkas di tempat yang disediakan
6. Menekan tombol “SIMPAN & CETAK FORMULIR” untuk menyimpan dan mencetak hasil formulir yang telah diisi
7. Pengembalian Formulir
Formulir pendaftaran yang telah dicetak dan ditandatangani serta melampirkan fotokopi persyaratan diserahkan kepada Panitia PPDB MIN 2 Kota Malang pada:
Hari / Tanggal :
Rabu – Rabu, 8 Februari – 15 Februari 2023
Waktu :
Pukul 07.00 – 12.00 wib
Tempat :
Sekretariat PPDB MIN 2 Kota Malang
Jl. Kemantren II / 26 Sukun – Malang

C. PEMETAAN PESERTA DIDIK

1. Teknik Pemetaan
- Calon peserta didik menunjukkan nomor peserta kepada petugas.
- Calon peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok berisi 20 calon untuk mengikuti pemetaan.
- Pakaian yang dikenakan pada saat pemetaan bebas, rapi, dan bersepatu, serta tidak diperkenankan memakai seragam TK/BA/TA/RA
- Peserta harus hadir 15 menit sebelum proses pemetaan dimulai. Saat peserta dipanggil dan belum hadir, maka akan dipanggil lagi pada gelombang berikutnya.
- Calon peserta didik yang selesai mengikuti pemetaan meninggalkan ruangan bersama-sama.
2. Waktu dan tempat Pemetaan
1) Pemetaan Unggulan
Pemetaan Unggulan calon peserta didik dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 16 Februari 2023 pukul 08.00 WIB – selesai dengan urutan kelompok sesuai jadwal pemetaan, di ruang kelas MIN 2 Kota Malang.
2) Pemetaan Regular
Pemetaan calon peserta didik dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 19 Februari 2023 pukul 07.00 WIB – selesai dengan urutan kelompok sesuai jadwal pemetaan, di ruang kelas MIN 2 Kota Malang.
3. Pengumuman Hasil Pemetaan
Pengumuman hasil PPDB dilaksanakan secara online di website www.min2kotamalang.sch.id Pada hari Rabu, tanggal 22 Februari 2023.
4. Pertemuan orang tua /wali peserta didik dengan Komite Madrasah
Orang tua dari calon peserta didik yang telah diterima mengikuti pertemuan dengan Komite Madrasah yang dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal :
Rabu, 22 Februari 2023
Waktu :
10.00 – 11.00 WIB
Tempat :
Aula MIN 2 Kota Malang
Jl. Kemantren II / 26 Sukun – Malang
5. Daftar Ulang
Daftar Ulang Calon Peserta didik yang telah diterima dilaksanakan secara online pada hari Rabu – Rabu , 22 Februari – 1 Maret 2023. Adapun teknik daftar ulang dilakukan sebagai berikut :
1) Calon wali murid yang diterima membuka www.min2kotamalang.sch.id pilih menu PPDB ONLINE -> DAFTAR ULANG dan menginputkan nomor pendaftaran untuk melakukan daftar ulang
2) Bagi peserta yang diterima, tetapi tidak melakukan daftar ulang sampai dengan tanggal 1 Maret 2023 pukul 12.00 dinyatakan mengundurkan diri dan diganti oleh peserta Cadangan.
6. Pengumuman Cadangan
Pengumuman pengubahan status Cadangan menjadi Diterima dilaksanakan secara online di website www.min2kotamalang.sch.id Pada hari Kamis, 2 Maret 2023.
7. Pertemuan Orang Tua / Wali Dengan Komite Madrasah
Orang tua / Wali dari peserta Cadangan yang telah dinyatakan diterima malakukan pertemuan dengan Komite Madrasah pada :
Hari / Tanggal :
Kamis, 2 Maret 2023
Waktu :
10.00 WIB
Tempat :
MIN 2 Kota Malang
Jl. Kemantren II / 26 Sukun – Malang