Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2024 / 2025
daftar peserta didik baru atau edit data peserta didik


Pendaftaran PPDBM di buka pada tanggal


05 FEBRUARY 2024 s/d 15 FEBRUARY 2024

TAHAPAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU MIN 2 KOTA MALANG
TAHUN PELAJARAN 2024/2025


A. Syarat Pendaftaran

Syarat pendaftaran penerimaan peserta didik baru MIN 2 Kota Malang tahun pelajaran 2024/2025 adalah :

1. Usia calon peserta didik minimal 6 tahun 0 bulan, terhitung tanggal 1 Juli 2024.
2. Calon peserta didik yang berusia kurang dari 6 tahun, dapat mendaftar dengan melampirkan Surat Rekomendasi Kesiapan Belajar oleh Psikolog atau guru sekolah/madrasah.
3. Sedang menempuh pendidikan TK/BA/TA/RA-B (Persiapan) dengan melampirkan surat keterangan dari TK/BA/TA/RA.
4. Mengisi formulir pendaftaran online secara lengkap di website MIN 2 Kota Malang, dengan alamat: www.min2kotamalang.sch.id
5. Mengupload semua berkas di tempat yang sudah disediakan.
6. Berkas yang di upload di website pendaftaran hasil scan (Format jpg/jpeg)
- Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap
- Akte Kelahiran asli
- Kartu Keluarga (KK)
- Surat Keterangan sedang menempuh pendidikan di TK/BA/TA/RA tingkat B
- Surat rekomendasi kesiapan belajar dari kepala TK/BA/TA/RA masing-masing
- Kartu NISN (bagi yang memiliki)
- Foto terbaru, berwarna, dan berseragam ukuran 3 x 4 (100 s.d 300 kb)
- Piagam prestasi/kejuaraan individu yang memiliki selama di TK/BA/TA/RA minimal tingkat kota
- Untuk jalur unggulan, piagam prestasi minimal tingkat provinsi atau tahfidz minimal 1 juz
- SKTM/KIP/PKH ( Untuk Jalur Afirmasi )

B. Proses Pendaftaran

Pendaftaran dibuka dengan menggunakan 3 jalur, yaitu :

a. Jalur Unggulan
1) Tahfidz (minimal 1 juz)
2) Prestasi (minimal tingkat Jawa Timur) yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam penghargaan
b. Jalur Reguler
c. Jalur Afirmasi
Pendaftaran dilakukan secara online di www.min2kotamalang.sch.id pada hari Senin – Kamis, 05 Februari – 15 Februari 2024, dengan langkah sebagai berikut :
1. Buka website https://www.min2kotamalang.sch.id/ atau cukup dengan mengetik min2kotamalang.sch.id di android, laptop atau komputer.
2. Klik / Pilih menu PPDB ONLINE -> PENDAFTARAN
3. Klik / Pilih tombol daftar baru
4. Isi formulir pendaftaran dibubuhi tanda tangan elektronik
5. Upload hasil scan berkas di tempat yang disediakan
6. Menekan tombol “SIMPAN & CETAK FORMULIR” untuk menyimpan dan mencetak hasil formulir yang telah diisi
7. Pengembalian Formulir
Formulir pendaftaran yang telah dicetak dan ditandatangani serta melampirkan fotokopi persyaratan diserahkan kepada Panitia PPDB MIN 2 Kota Malang pada:
Hari / Tanggal :
Senin – Kamis, 05 Februari – 15 Februari 2024
Waktu :
Pukul 07.00 – 12.00 wib
Tempat :
PTSP MIN 2 Kota Malang,
Jl. Kemantren II / 26 Sukun – Malang

C. PEMETAAN PESERTA DIDIK

1. Teknik Pemetaan
a. Calon peserta didik menunjukkan nomor peserta kepada petugas.
b. Calon peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok berisi 20 calon untuk mengikuti pemetaan.
c. Pakaian yang dikenakan pada saat pemetaan bebas, rapi, dan bersepatu, serta tidak diperkenankan memakai seragam TK/BA/TA/RA
d. Peserta harus hadir 15 menit sebelum proses pemetaan dimulai. Saat peserta dipanggil dan belum hadir, maka akan dipanggil lagi pada gelombang berikutnya.
e. Calon peserta didik yang selesai mengikuti pemetaan meninggalkan ruangan bersama-sama.
2. Waktu dan tempat Pemetaan
a. Pemetaan Unggulan
Pemetaan Unggulan calon peserta didik dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Februari 2024 pukul 08.00 WIB – selesai dengan urutan kelompok sesuai jadwal pemetaan, di ruang kelas MIN 2 Kota Malang.
b. Pemetaan Regular
Pemetaan calon peserta didik dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 18 Februari 2024 pukul 07.00 WIB – selesai (sesuai jadwal yang tertera di kartu) dengan urutan kelompok sesuai jadwal pemetaan, di ruang kelas MIN 2 Kota Malang.
c. Pengumuman Hasil Pemetaan
Pengumuman hasil PPDB dilaksanakan secara online di website www.min2kotamalang.sch.id Pada hari Minggu, tanggal 25 Februari 2024.
d. Pertemuan orang tua /wali peserta didik dengan Komite Madrasah
Orang tua dari calon peserta didik yang telah diterima mengikuti pertemuan dengan Komite Madrasah yang dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal :
Minggu, 25 Februari 2024
Waktu :
10.00 – Selesai WIB
Tempat :
Aula MIN 2 Kota Malang
Jl. Kemantren II / 26 Sukun – Malang
e. Daftar Ulang
Daftar Ulang Calon Peserta didik yang telah diterima dilaksanakan secara online pada hari Senin – Jum'at , 26 Februari – 1 Maret 2024. Adapun teknik daftar ulang dilakukan sebagai berikut :
1) Calon wali murid yang diterima membuka www.min2kotamalang.sch.id pilih menu PPDB ONLINE -> DAFTAR ULANG dan menginputkan nomor pendaftaran untuk melakukan daftar ulang
2) Bagi peserta yang diterima, tetapi tidak melakukan daftar ulang sampai dengan tanggal 1 Maret 2024 pukul 12.00 dinyatakan mengundurkan diri dan diganti oleh peserta Cadangan.
6. Pengumuman Cadangan
Pengumuman pengubahan status Cadangan menjadi Diterima dilaksanakan secara online di website www.min2kotamalang.sch.id Pada hari Sabtu, 2 Maret 2024.
7. Pertemuan Orang Tua / Wali Dengan Komite Madrasah
Orang tua / Wali dari peserta Cadangan yang telah dinyatakan diterima malakukan pertemuan dengan Komite Madrasah pada :
Hari / Tanggal :
Sabtu, 2 Maret 2024
Waktu :
10.00 WIB
Tempat :
MIN 2 Kota Malang
Jl. Kemantren II / 26 Sukun – Malang